Selasa, 27 Agustus 2024

Sang Pendidik


Ing Ngarso Sung Tulodho

Ing Madyo Mangun Karso 

Tut Wuri Handayani 

Trilogi Ki Hajar Dewantara yang sangat populer dalam dunia pendidikan. Adapun maksud dari trilogi pendidikan tersebut adalah Ing Ngarso Sung Tulodho (di depan memberikan teladan), Ing Madyo Mangun Karso (di tengah memberikan semangat), Tut Wuri Handayani (di belakang memberikan dorongan).

Sebagai guru harus paham betul apa tugas dan tanggungjawabnya sebagai seorang guru. Guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar. Tugas utama guru adalah mendidik dan mengajar. Dalam mendidik guru harus bisa meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan. Sedangkan dalam mengajar guru harus bisa meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tanggung jawab guru sebagai pendidik antara lain:

1. Mengubah sikap dan tingkah laku peserta didik agar menjadi lebih baik. 

2. Mendidik perkembangan karakter untuk seluruh peserta didik.

3. Mengarahkan peserta didik agar mempunyai kepribadian yang baik. 

Menjadi guru profesional itu tidak mudah. Guru profesional  memiliki keahlian, kemampuan, dan kecakapan untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik. Ada beberapa kriteria agar kita bisa menjadi guru profesional antara lain:

Kepribadian 

Guru profesional memiliki rasa percaya diri, motivasi berprestasi, emosi stabil, dan dapat bekerja sama. Memiliki kebiasaan berbuat kebajikan dan respek terhadap peserta didik dan orang tua. 

Keahlian 

Guru profesional memiliki bakat, keahlian, dan pengalaman yang luas. Memiliki keterampilan mendisiplinkan dan manajemen kelas yang baik.

Kompetensi 

Guru profesional memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, profesional. 

Pengetahuan 

Guru profesional memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang kurikulum, subjek yang diajarkan, dan pengetahuan tentang media sosial.

Karakter 

Guru profesional lebih mengedepankan nilai-nilai pendidikan karakter seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tau, dan sebagainya.

Setiap guru pasti bisa jadi guru profesional. Gerakkan hati dan komitmen kita bisa jadi guru profesional untuk peserta didik kita.

Jadilah guru yang dirindukan 

Jadilah guru yang menyenangkan 

Jadilah guru yang memberikan teladan 

Jadilah guru yang berkesan


Kartini, S.Pd _Guru SD




7 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...