Selasa, 23 April 2024

Kelas Perdana KBMN Gelombang 31

 Puji syukur akhirnya saya bisa mengikuti Kelas Belajar Menulis Nusantara. Sebelumnya pernah terbesit ingin mengikuti kelas menulis untuk meningkatkan potensi diri dalam bidang literasi. 

Tanggal 21 April 2024 malam hari pukul 19.00 perdana saya mengikuti KBMN melalui zoom. Hari pertama pemateri dari Founder KBMN yaitu bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang biasa disebut dengan om Jay. Moderator oleh bapak kepala sekolah SMK di Tolitoli, Sulawesi Tengah yang bernama bapaka Muliadi. 

Materi pertama adalah Menulis Setiap Hari. Om Jay memberikna tips nya dalam menulis melalui 2 alinea yaitu:

1. Alinea pembukaan

2. Alinea isi tulisan

3. Alinea penutupan

Om jay juga memberikan contoh-contoh dari alinea tersebut. Om Jay juga menyampaikan via suara jika dibutuhkan, sehingga makin jelas apa yang disampaikan. 

Moderator menyampaikan susunan acara pada KBMN gelombang 31 antara lain:

1. Pembukaan

2. Sajian materi oleh naras sumber

3. Tanya jawab

4. Penutup

Om Jay menyemangati teman-teman yang sudah ikut gabung dalam kegiatan pelatihan ini. Teruslah menulis setiap hari. Ada kalimat penyemangat dari om Jay "menulis itu mudah, bahkan lebih mudah dari membuat ceplok telur."
Om Jay juga menyampaikn tips agar tulisan kita banyak dibaca orang antara lain:

1. Untuk menulis setiap hari, kita harus menjaga konsistensi dan komitmen diri.

2. Minimal kita menulis dan membaca tulisan orang lain.

3. Kita memberikan komentar ke tulisan orang lain. 

Selain itu om Jay juga membagikan tips cara menulis dengan rumus 5W+1H. Kerangka tulisan sebagai berikut:

1. Judul

2. Pembukaan 

3. Isi tulisan yang berisi apa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana.

4. Penutup

Sebelum materi berakhir om Jay menshare gambar foto 3 ekor kucing sedang makan, kemudian om JAy meminta peserta KBMN untuk menulis apa yang sudah diamati melalui gambar tersebut. 3 tulisan terbaik akan mendapatkan hadiah Gopay. Ternyata banyak teman-teman yang antusias menulis, karena banyak yang menulis dan bagus-bagus tulisannya, akhirnya om Jay memberikna hadih untuk 4 peserta tulisan terbaik. 

Sebelum ditutup moderator membuka sesi tanya jawab. ada beberpaa peserta yang bertanya dan om Jay langsung menjawab pertanyaan tersebut melalui chat group. 

alhamdulillah, saya bisa mengikuti kelas perdana KBMN. Semoga ke depan bisa cerdas mengatur waktu, menyelesaikan tugas dan sellau dalam keadaan sehat. 

Salam Literasi




10 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih ibu. Saya masih pemula bu hehe...

      Hapus
  2. Keren ulasannya, semangat menulis & berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru belajar blog pak. maaf masih pemula. terima kasih

      Hapus
  3. Keren ulasannya, luar biasa✍🏻👍💪

    BalasHapus
  4. Tulisan sudah runtut. Sebaiknya yg di tulis materi dr narasumber sj, yg disampaikan moderator tidak perlu di tulis. Kalau bisa tanya jawab juga di tulis sehingga resume bisa lebih banyak. Secara keseluruhan sudah bagus dan luar biasa. Tetap semangat dan selamat berlatih 👍🏻

    BalasHapus

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...