Rabu, 29 Mei 2024

Komitmen Menulis di Blog

 



Narasumber : Drs. Dedi Dwitagama., M.Si.
Moderator : Sim Chung Wei, SP.
Resume ke : 12
Hari/Tanggal : Rabu, 29 Mei 2024


Pertemuan ke-12 KBMN Gelombang 31 malam ini melalui zoom bersama narasumber yang luar biasa bernama Drs. Dedi Dwitagama. Malam ini narasumber membahas tentang "Komitmen Menulis di Blog."

Saya membaca profil beliau jadi terpesona karena segudang prestasi dan karir diraihnya. Selain menjadi kepala sekolah, dosen, narasumber juga sebagai motivator, triner, blogger, dan lain-lain. Motivasi tersendiri diawal zoom beliau menanyakan kepada beberapa peserta zoom tentang guru favoritnya kemudian dilacak melalui google. Ternyata ada beberapa guru terfavorit yang tidak terdeteksi oleh google padahal pdalam hidup mereka penuh karya dan berdedikasi. Dari sini sana jadi termotivasi pentingnya kita mengabadikan kisah perjalanan kita di Blog atau media sosial untuk merekam jejak kita selama masih hidup. Karya tulis adalah salah satu karya yang bisa menjadi dokumen saat kita tiada nanti. Sebagaimana kata pepatah "Gajah mati meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang, Manusia mati meninggalkan karya yang bermanfaat."

Dengan menuangkan segala opini, pengalaman yang pernah dilakukan melalui media sosial, berarti kita berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Tidka perlu mengahrapkan tulisan kita dipuji atau di like orang lain. Menulislah dengan niat, lakukan secara kontinu setiap hari. Bisa jadi tulisan yang menurut kita tidak berharga ternyata menjadi hal yang luar biasa untuk orang lain. 

Tips menulis di Blog dari apparan narasumber antara lain:
1. Tentukan tujuan
2. Susun outline
3. Mulailah menulis
4. Fokus
5. Kunjungi blog dan postingan orang lain
6. Baca tulisan orang lain
7. Tulislah apapun yang menarik untuk kita

Kesimpulan dari narasumber bahwasannya tidak ada yang sia-sia dari hasil keringat kita. 

Pesan narasumber :
Kembangkanlah produktivitas kita. Biasakan menulis tak peduli apakah akan ada yang banyak membaca atau tidak, karena tulisan yang sekarang kita anggap jelek, terlalu sederhana, bisa jadi suatu saat nanti malah mendapatkan viewer yang banyak. 

Semoga materi malam hari ini membawa manfaat dan menginspirasi. Teruslah berkarya dengan menulis di Blog setiap hari. Tulislah apa saja yang menurut kita menarik. 


KBMN Gelombang 31
Kartini, S.Pd_Guru SD 

7 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...