Rabu, 01 Mei 2024

GALI POTENSI UKIR PRESTASI

 



GALI POTENSI UKIR PRESTASI

Resume pertemuan ke-4 (tanggal 1 Mei 2024)

Nara sumber : Aam Nushasanah, Gr., S.Pd.

Moderator : Edmu Yulfizar Abdan Syakura M.Pd. Gr.

 

Pelaksanaan KBMN Gelombang 31 hari ke-4 dilaksanakan pada malam Kamis tanggal 1 Mei 2024 pukul 19.00 wib. Kegiatan berlangsung dengan cukup santai melalui WA group tetapi tetap fokus menyimak dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber yang cantik dan moderator yang keren.

Materi ke-4 ini bertema “Gali Potensi Ukir Prestasi”. Materi tersebut sangat menarik dan tepat terutama bagi kita yang sedang dalam tahap pelatihan menulis. Ketika kita mengenali potensi apa yang adapada diri kita, kemudian mengembangkannya pasti suatu saat akan menjadi prestasi yang gemilang.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh moderator yang bernama  bang Edmu. Adapun rundown acara meliputi pembukaan, pemaparan materi, tanya Jawab, penutup. Ibu Aam ternyata baru saja lulus menjadi guru penggerak pada tanggal 27 April 2024. Kereen, luaaaaar biasaaaa.

Narasumber memulai acara dengan memberikan pertanyaan pemantik melalui aplikasi Classpoint. Apa itu gali potensi? Yaitu mulai dari hal yang sukai, hal yang dialami, dari hal yang dikuasai, atau dari hal-hal yang baru dipelajari.

Bu Aam (narasumber) pertama menulis pada saat masa pandemi Covid-19. Beliau menulis buku antologi pertama bersama bunda Kanjeng dengan judul buku “Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng”. Menulis antologi sangat bagus untuk penulis pemula yang masih tahap belajar.

Setelah menulis buku Antologi selanjutnya beliau menulis buku solo dengan judul “Mengukir Mimpi jadi Penulis Hebat”. Buku tersebut sebagai syarat lulus beliau mengikuti KBMN gelombang 12. Kereeeen! Lulus dari KBMN gelombang 12 beliau mengabdikan diri sebagai tim solid, sering menjadi moderator, dan tetap berkarya dengan menulis buku.

Segudang prestasi beliau torehkan. Menjadi juara 1 lomba blog PGRI Tingkat nasional juga diraihnya. Terbit pula buku antologi beliau yang berjudul “Blogger Inspiratif”. Akhirnya terbitlah buku solo ke-4 dengan judul  “Rajin Menulis Berbuah Manis”.

Narasumber juga sebagai editor buku. Judul buku “Seindah Takdir Cinta” karya Juminah adalah buku yang digarap oleh beliau. Selain sebagai editor beliau juga sebagai kurator KBMN dalam beberapa proyek antologi.

Sungguh luar biasa, beliau menghasilkan buku antologi lebih dari 60 buku. Selain buku beliau juga aktif sebagai moderator, editor, kurator dan kegiatan literasi lainnya. Semoga saya bisa mengikuti jejak beliau. Semangat, semangat, semangat!

Dikutip dari kesimpulan bu Aam selaku narasumber hari ini bahwasannya “dari sebuah kegagalan, saya belajar untuk menjadi lebih sabar. Jadikan sebuah kegagalan sebagai motivasi terbesar untuk bangkit dan bisa berprestasi. Gali potensimu, maka akan pula lahir prestasimu.”

Terima kasih ibu aam atas ilmunya, motivasinya, dan berbagi praktik baik mala mini. Sungguh sangat menginspirasi!


18 komentar:

  1. keren kak.semangat.resumnya sangat lengkap

    BalasHapus
  2. Keren lengkap resume nya👍

    BalasHapus
  3. Semangat bergerak, tergeeak dan menggerakkan

    BalasHapus
  4. Mantap ulasannya, semangat menulis dan menerbitkan buku.

    BalasHapus
  5. luar biasa, ayo kita menulis setiap hari untuk berprestasi

    BalasHapus

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...