Kamis, 30 Mei 2024

READ A LOAD



READ A LOAD

Biasa disebut dengan membaca nyaring. Read a load merupakan salah satu Teknik membacakan buku untuk anak. Read a load adalah metode membaca yang efektif, karena anak-anak dapat mendengarkan langsung cara guru membaca cerita dengan intonasi yang baik dan suara yang lantang, sehingga membaca menjadi suatu hal yang menyenangkan.

Saat usia emas (golden age) umur 0-5 anak akan dapat menyerap dengan sangat cepat. Dengan potensi yang sedemikian hebat itu, maka mengenalkan baca dari usia dini itu tidak menjadi masalah, asal caranya tidak membuat anak stress atau terbebani untuk bisa membaca. Read a load yang dilakukan bukan membuat anak bisa membaca tetapi membuat anak suka membaca.

Read a load bisa ditumbuhkan sejak dini. Semakin dini buku diperkenalkan, maka hasilnya akan optimal. Menumbuhkan kecintaan anak kepada buku, sehingga lama kelamaan anak akan bisa membaca dengan sendirinya.

Manfaat read a load yaitu dapat membangun keterampilan literasi melalui pengenalan bunyi, intonasi, kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Read a load juga membantu anak menambah kosa kata, terutama tentang buku yang dibaca.

Menurut Noni Rosliyani, salah satu Blogger tentang anak menyebutkan bahsawannya ada lima cara yang bisa dilakukan untuk melakukan read a load antara lain:

  1. Membawa anak ke toko buku dan memilih buku yang dia mau.
  2. Membaca buku cerita secara ekspresif dan antusias, seperti gaya mendongeng tetapi buku harus sambil dibaca.
  3. Memperkenalkan dan menunjukkan kata-kata atau angka-angka, khususnya yang belum dia ketahui.
  4. Membangkitkan komunikasi anak dengan meminta anak menceritakan kembali isi cerita.
  5. Memperkenalkan sang penulis dan penerbit buku.

Dengan membacakan cerita melalui Read a load kedekatan guru kepada muridnya, dan orang tua kepada anaknya akan terwujud. Saat membacakan buku membuat murid atau anak mendapatkan “skin to skin contact” sehingga akan merasakan aura nyaman saat dibacakan cerita.

Demikian coretan saya hari ini. Semoga dapat bermanfaat.

Salam Literasi

 

Kartini, S.Pd_Guru SD

Depok, 31 Mei 2024




2 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...