Senin, 01 Juli 2024

Sehat Jiwa Raga

 


Olahraga sangat penting untuk badan kita. Selain membutuhkan nutrisi badan kita juga perlu olahraga supaya kesehatan raga terjaga. 
Tidak hanya kesehatan raga bahkan jiwa juga harus sehat. Sebagaimana kata mutiara bahwasannya "badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat". 
Pagi ini saya dan keluarga berolahraga di lapangan Kukusan Beji Depok. Lapangan ini salah satu lapangan yang dimanfaatkan untuk latihan anak-anak Sekolah Sepak Bola (SSB). Setiap hari kondisi lapangan sangat ramai karena ada beberapa jadwal kegiatan olahraga yang dilakukan disana. 
Fasilitas lapangan Kukusan Beji ini antara lain ada area basket, memanah, bermain bola, toilet, mushalla, tempat parkir yang luas, area berjualan, dan juga Playground.
Pada pagi ini minimal saya bisa melakukan lari pagi. Olahraga paling hemat tapi penuh manfaat adalah lari. Dengan lari kita bisa menurunkan berat badan, menjaga kesehatan lutut, mencegah osteoporosis, mencegah penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, meningkatkan stamina, memperkuat daya tahan tubuh, membuat tidur lebih nyenyak, dan memperbaiki suasana hati. 
Begitu besar manfaat olahraga lari untuk badan kita. Rugilah kita kalau malas untuk berolah raga. Padahal  tubuh membutuhkan itu. 
Yang tidak kalah penting juga selain berolahraga adalah makan bergizi. Dengan konsumsi makanan bergizi tubuh kita akan sehat. 
Manfaat kita mengkonsumsi makan sehat antara lain:
1. Mempertahankan berat badan yang sehat.
2. Meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.
3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur.
4. Meningkatkan kualitas tidur.
5. Membentuk makan sehat sejak dini.
6. Meningkatkan kualitas hidup keluarga.
7. Membantu mencegah penyakit pada keluarga.
Kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kita fisik yang sempurna. Salah satu cara bersyukur adalah dengan menjaga dan merawat badan kita agar tetap sehat. 
Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat

Depok, 1 Juni 2024
Kartini, S.Pd_Guru SD 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...