Senin, 03 Juni 2024

KARYA TULIS MELALUI BUKU ANTOLOGI

 


Karya tulis melalui buku Antologi. Haruskah kita mengapresiasi diri? Jawabnya "harus," karena kalau tidak kita sendiri yang mengapresiasi diri kita sendiri siapa lagi, hehe....

Pencapain kecil yang kita hasilkan bukanlah hal yang mudah. Butuh perjuangan dan kerja keras untuk meraihnya. Tanpa perjuangan rasanya naif prestasi akan diraih. Begitu juga dengan keterampilan menulis. Tidak semua orang suka menulis, tidak semua orang asik dalam menulis, tidak semua orang tertarik untuk menulis. 

Buku Antologi adalah salah satu wadah kita bisa melahirkan karya tulis dengan mudah dan efisien. Tanpa kita harus menulis satu buku, kita bisa menerbitkan buku. Buku Antologi adalah buku yang berisi kumpulan karya sastra yang sejenis (baik cerpen, esai, atau puisi) yang memiliki tema yang sama dan diterbitkan menjadi satu terbitan. 

Dengan menulis buku Antologi kita bisa dengan mudah mengirim karya tulis kita. Menulislah dari apa yang kita suka, menulislah dari apa yang kita alami, menulislah dari hal yang menarik yang ada di sekitar kita. Sebagaimana yang kata ajaib dari om Jay (blogger ternama) "menulislah setiap hari, maka lihatlah apa yang terjadi."

Buku Antologi "Best Practice Tunas Iblam" merupakan buku antologi saya yang ke-10. Sebelumnya saya mengikuti kelas menulis di beberapa event. Saya juga mengikuti beberapa kegiatan yang sefrekuensi dalam literasi untuk mengembangkan potensi diri. 

Semoga apa yang kita tulis dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat untuk orang lain. Semangaaaaaaat untuk terus belajar dan belajar. Sebagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara, "belajarlah sepanjang hayat."


Depok, 3 Juni 2024

Kartini, S.Pd_Guru SD

8 komentar:

  1. Keren, menginspirasi dan memberi semangat saya untuk selalu menulis, sempat saya tidak percaya diri atas karya saya yang beberapa kali mendapat apresiasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau menginspirasi pak. Jujur ada kepuasan tersendiri saat kita mengapresiasi apa yang sudah kita tulis. semangaaaat

      Hapus
  2. Sudah 10 buku Antologi
    Keren Bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bu dari sejak pandemi saya berniat untuk mengisi waktu dengan menulis

      Hapus

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...