Sabtu, 01 Juni 2024

Bibit Sayuran Buah


 Bibit sayuran buah.

Tahukan kamu bedanya Apel dan Tomat?? Kalau persamaannya keduanya adalah buah. Kalau perbedaannya apa ya?? Jelas beda. Apel adalah buah yang bisa langsung  dikonsumsi dan tidak perlu dimasak terlebih dahulu. Kalau Tomat termasuk sayuran. Sayuran bukannya yang berdaun?? Jadi sayuran ada yang berdaun dan berbuah. Nah, tomat adalah sayuran buah. 

Tomat bisa digunakan untuk campuran makanan yang diolah atau tidak. Maksudnya?? Tomat bisa sebagai pendamping saat kita masak sayur, misalkan sayur Sop. Tomat juga bisa untuk pelengkap makanan yang tidak diolah sepertiburger. 

Alangkah baiknya jika kita tidak hanya mengkonsumsi sayuran, tetapi kita tahu bagaimana cara menanamnya. 

Sebelum menanam pilihlah benih yang unggul supaya hasil semai banyak benih yang tumbuh. Adapun teknik semai bisa beberapa cara antara lain dengan tanah, media tanam, atau rokwall. Semai dengan rokwall adalah teknik semai yang digunakan untuk tanaman hidroponik. Kelembaban rokwall ini yang menyebabkan benih terjaga sehingga cepat tumbuh. Benih yang sudah tumbuh disebut bibit.

Bibit sayuran yang sudah tumbuh sekitar 7cm atau muncul 3-4 daun kecil bisa dipindahkan ke polibag atau area tanah. Pasti hasilnya akan memuaskan. 

Alhamdulillah Bibit sayuran buah tumbuh dengan subur. Adapun jenis bibit tersebut antara lain ada bibit terong, timun, tomat dan cabe. 

Senang sekali jika lihat benih yang ditanam tumbuh subur bahkan sampai masa panen tiba. Dengan selalu menjaga tumbuhnya bibit dengan benar, pasti akan menghasilkan buah atau sayuran yang berkualitas. 

Mari cintai bumi dengan rajin menanam tanaman di sekitar kita.


Depok. 1 Juni 2024

Kartini, S.Pd_Guru SD



2 komentar:

  1. Senang pertanian juga ya bu, Good lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang pak karena saya lahir dari keluarga petani di kampung pak hehe

      Hapus

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...