Rabu, 22 Mei 2024

MENULIS ITU MUDAH


Narasumber : Prof. Dr. Ngainun Naim, M.Hi.

Moderator : Sigid PN, S.H.

Tema : Menulis itu Mudah

Resume ke : 10

Hari/Tanggal : Rabu, 22 Mei 2024


Malam ini kegiatan pelatihan KBMN Gelombang 31 pada pertemuan ke-10. Malam ini ditemani dengan bapak yang super keren dan luar biasa. Nama sumber bernama Prof. Dr. Ngainun Nai, bersama denagan Modeatator bapak Sigid.

Seperti biasa moderator membuka acara kegiatan terlebih dahulu ;

  1. Pembukaan
  2. pemaparan materi
  3. Tanya jawab 
  4. Penutup

Berikut beberapa quote yang bisa kita jadikan motivas antara lain:

  • Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak. - Ali bin Abi Thalib.
  • Jika kamu ingin menjadi seorang panulis kamu harus banyak membaca dan banyak menulis. - Stepen King.
  • Orang boleh pandai setinggi langit, selama ia tidak menulis , ia akan hilang didalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah ibadah untuk keabadian. - Pramoedya Ananta Toer.

Menulis itu Mudah. Tidak semua orang beranggapan menulis itu mudah. Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa menulis maka menulis itu hal yang tidak mudah. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalm menjulis sebagai berikut:

1. Menulis tentang yang dialami

Tulislah apa yang pernah kita alami. Ceritakan dalam bentuk tulisan. M enuliskan perjalanan hidup kita itu lebih mudah daripada menulis cerita yang kita tidak pernah mengalaminya.

2. Menulis apa yang dibaca

Dlam hal ini sering disebut dengan resensi buku. Kita bisa membuat resensi atau review dari buku yang pernah kita baca. 

3. Menulis tentang orang-orang di sekitar kita

Kita bisa menulis apa saja. Menuliskan orang-orang yang ada di sekitar kita. Menulis hal menarik apa yang kita inginkan.

Strategi dalam menulis antara lain:

  1. Menulis dipagi hari
  2. Bermental proses
  3. Menulis sedikit demi sedikit
  4. Sabar menjalani proses

Demikianlah hasil resume pelatihan menulis pada malam ini. Dalam menulis kita harus sabar. Mudah karena kita mau menjalaninya prosesnya dengan baik. Menulis tidak hal yang instan, butuh proses, bertahap dan sabar. Kita bisa menulis dari hal apa saja yang kita rasakan, alami, dan yang ada disekitar kita. Buatlah tulisan secara bertahap, bisa setiap hari menulis atau di waktu-waktu yang nyaman kita untuk menulis. dengan begitu kita akan dapat melihat dan menikmati hasil dari apa yang kita tulis. 

Marilah berkarya. Abadikan perjalan hidup kita dengan karya tulis. 

Terima Kasih kepada bapak prof. Ngainun atas ilmunya malam ini. Semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah. Amiin.

5 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...