Kamis, 23 Mei 2024

MELEK TEKNOLOGI DIGITAL


Digitalisasi
Sepekan sekali peserta didik kelas 1 mengukuti kegiatan Teknologi Informasi Komputer (TIK). Anak-anak mendapat pelajaran komputer di ruang laboratorium komputer. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.
Ada beberapa hal yang anak-anak pelajari antara lain belajar membuat bentuk dari garis menjadi suatu objek yang menarik, teknik mewarnai gambar, bermain game, coding, keteranpilan mengetik dan lain-lain. 
Sejak dini anak-anak perlu dikenalkan digitalisasi, apalagi sekarang era modernisasi, serba canggih dan instan. Gadget sudah jadi kawan setiap hati setiap saat. Sudah semestinya anak-anak mengenal dan menggunakan gadget dengan bijak. 
Melek teknologi digital adalah kemampuan seseorang untuk memahami, menggunakan, dan berpartisipasi dalam perkembangan teknologi. Pada era seperti sekarang ini, melek digital sangat penting karena saat ini kita dalam era digital yang mana teknologi tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. 
Anak-anak harus mulai dikenalkan dengan digitalisasi. Apalagi saat pandemi Covid-19 yang mengharuskan peserta didik belajar melalui daring. Anak-anak dan orang tua dipaksa harus paham akan teknologi. Belajar secara daring hanya melalui gadget/laptop/komputer. Guru menyampaikan pembelajaran melalui online. Orang tua mengupayakan harus ada media digital di rumah, sekaligus mampu mengoperasikan media tersebut. Pembelajaran jarak jauh adalah salah satu solusi guru dapat melakukan pembelajaran di kelas. Anak-anak dapat mengakses materi dan tugas yang diberikan guru, serta dapat berkomunikasi dengan guru di kelas online. 
Orang tua tidak hanya melarang anaknya untuk tidak bermain gadget, tetapi berikan mereka edukasi yang mendidik cara menggunakan gadget dengan baik. Ajari mereka hal positif dan negatif dari gadget tersebut, sehingga mereka bisa menggunakan gadget dengan baik sesuai fungsinya. Oleh karena itu pentingnya mengajari anak melek IT sejak dini. 
Terima kasih, semoga bermanfaat. 

Salam Digital  

 
 

2 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...