Jumat, 07 Juni 2024

Sayuran Hidroponik


 

Tahukah anda sayuran hidroponik?? Sayuran yang ditanam dengan media air, itulah sayuran hidroponik. Petani modern seperti sekarang ini, dengan kondisi lahan yang kurang banyak yang beralih bertanam dengan sistem hidroponik. 

Menanam sayuran hidroponik tidak perlu lahan yang luas. Rak hidroponik bisa dibuat vertikal, sehingga menghemat lahan.

Iblam Edu Garden adalah kebun hidroponik sekolah yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik dan masyarakat luas. Kebun hidroponik dengan luas 300 meter berdiri sejak tahun 2018. Berlokasi di Tanah Baru Beji Depok.

Kartini sebagai penanggung jawab kebun hidroponik menuturkan "ada berbagai jenis sayuran daun yang ditanam di kebun Iblam Edu Garden antara lain sayuran Pakcoy, Selada, Ceisim, Kangkung, Bayam, Sawi Bokir, Kale."

Selain sayuran buah di kebun juga ditanami sayuran buah seperti tomat, terong, cabe dan lain-lain. 

Sayuran hidroponik menggunakan pupuk (Nutrisi AB mix) dan media tanam rokwall untuk semai. Dengan rokwall benih yang ditanam cepat tumbuh karena kelembapannya terjaga.

Seruuuu bertanam hidroponik. Lahan yang sempit pun bisa dimanfaatkan untuk bertanam sayuran.

Bertanam hidroponik sebagai solusi untuk petani modern yang ingin bertanam sayuran dan menghasilkan sayuran yang berkualitas dan higienis.

Semoga bermanfaat sharing hari ini.

Depok, 7 Juni 2024

Kartini, S.Pd_Guru SD

2 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...