Jumat, 14 Juni 2024

Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

 


Narasumber     : Yulius Roma Patandean, M.Pd
Moderator        : Purbaniasita Kusumaning sedyo, S.Pd
Resume ke       : 16
Hari/Tanggal   :  Rabu, 12 Juni 2024


Berjumpa lagi pada pelatihan menulis KBMN gelombang 31. Pertemuan malam ini melalui zoom, pastinya seruuu karena bisa komunikasi langsung ke narasumber. Untuk Moderator dipandu oleh ibu Chita Wijono. Narasumber malam ini adalah bapak Yulius Roma Patandean, seorang guru bahasa Inggris di Tana Toraja.

Bapak Yulius sangat manarik dalam menyampaikan materi malam ini. Bahasa beliau yang khas, cukup menarik dalam menyimak materi malam ini. 

Dalam menulis banyak penulis yang menulis dengan cara manual. Tulisan dibuat tidak menggunakan sistematis, sehingga terkadang penulis merasa kerepotan dalam menyelesaikan finishing tulisannya sebelum di terbitkan.

Berikut penjelasan terkait "Langkah Menyusun Buku secara Sistematis."

Langkah awal buatlah kerangka tulisan seperti judul, kata pengantar, bab 1, bab 2, dan seterusnya sampai ke daftar pustaka. Semua kerangka tulisan bisa dibuat secara sistematis.


Penulisan judul dan daftar isi supaya terisi otomatis.



Menambahkan tulisan di bagian daftar isi.


Cara memberikan penomoran halaman.


Memunculkan footer


Penomoran kata pengantar biasanya berbeda dengan kata oengantar dan bab. Maka bisa menggunakan bisa memilih tata letak pemisah halaman. 


Untuk penulisan daftar pustaka, misalkan sumbernya dari website. Klik referensi, sisipkan kutipan, tambahkan sumber baru. 
 

Tulis bibliografi 


Maka hasilnya seperti ini


Demikianlah tips dari bapak Roma terkait Tips menulis buku yang sistematis. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas membuat buku menjadi lebih mudah dan sistematis. 

Sangat bermanfaat!

6 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...