Rabu, 12 Juni 2024

KONSEP BUKU NON FIKSI

 


Narasumber : Musiin, M.Pd

Moderator : Lely Suryani, S.Pd. SD

Resume ke : 15

Hari/Tanggal : Senin, 10 Juni 2024


Tak terasa sudah setengah perjalanan saya mengikuti kelas KBMN gelombang 31. Setiap kegiatan saya ikuti dengan bahagia, bahkan saat ini saya merasa mulai ada energi baru dalam dunia menulis. Saya merasa menulis adalah suatu yang saya butuhkan karena ketika sehari saya tidak menulis, saya merasa ada yang sedikit hilang dari diri saya. Walaupun mungkin tulisan saya belum sepenuhnya sempurna dan enak untuk dibaca hehe... 

Malam ini saya mengikuti kegiatan pelatihan dengan tema "Konsep Buku Non Fiksi." Seperti biasa sebelum mulai pelatihan moderator memulai mennyapa peserta dengan suasana yang hangat penuh keceriaan. 

Moderator memperkenalkan profil narasumber hebat kita malam ini yaitu bu Musiin, M.Pd. Beliau menjadi guru sejak tahun 1998. Narasumber terkenal dengan sebutan bu Iin. Beliau lahir di kota Kediri. Selain sebagai guru beliau juga seorang Kepala Sekolah SMPN 3 Grogol, Kediri. Beliau juga sebagai Pengajar Praktik angkatan 4 dan fasilitator angkatan 9 dan 11. Sungguh luaaar  biasaaa. 

Sebagai penulis buku yang sudah beliau hasilkan antara lain:

1. Digital Brochure Mengasah Kemampuan Menulis dan Jiwa Kewirausahaan Gen Z.

2. Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda melalui Literasi. 

3. Selaksa Hikmah dari Tarokan.

4. Ukir Prestasi dan Tebar Inspirasi.

5. Cergam Panji Asmarabangun dan Dwi Sekartanji.

6. Modul Pembelajaran bahasa Inggris untuk Kelas IX.

7. Menulis Artikel Populer di Majalah Online.

Menjadi penulis buku fiksi mengantarkan beliau mengikuti ujian sertifikat penulis dan berhasil memegang sertifikat penulis pada tahun 2020.

Apa itu BUKU NON FIKSI?? berikut definisinya:

1. Buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan.

2. Isi dari buku non fiksi adalah informasi, pengetahuan, atau wawasan.

3. Tujuan penulisan buku non fiksi adalah menyajina temuan baruatau penyempurnaan dari informasi yang sudah ada. 

Narasumber menyampaikan buku berikut sebagai pemantik kepada para peserta. Apa judul buku tersebut?? "tanya narasumber."


Penulis buku Dan Poynter menulis sebuah buku yang sangat populer, dan menjadi rujukan para penulis pemula. Judul buku tersebut adalah "Is There a Book Inside You? Setiap orang tentunya memiliki, pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan di dalam dirinya. Setiap orang sebenarnya mempunyai buku didalam dirinya, tetapi tidak banyak orang yang ingin mendokumentasikannya. 

Lebih baik 1 ide tapi nyata daripada 1000 ide tetapi hanya diangan-angan. Goreskanlah tinta emas untuk anak cucu kita dan generasi masa datang. 

Memang benar, menulis tidkalah mudah. Dari keempat keterampilan berbahasa yang paling sulit adalah menulis. Menulis tidak semudah berbicara. Maka perlu dilatih dan belajar mennulis dengan mengikuri pelatihan atau kelas menulis. Dengan pendampingan seperti itu maka lambat laun keterampilan menulis kita akan terasah, sehingga menulis menjadi makin mudah. 

BUKU NON FIKSI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian buku non fiksi adalah buku yang tidak bersifat fiksi, tetapi bersifat fakta dan kenyataan (karya sastra, karya ilmiah, jurnal dan lain-lain). Karena bersifat fakta dan kenyataan inilah buku fiksi dijadikan sumber informasi oleh para pembaca maupun para penulis. Bahada yang digunakan biasanya bersifat denotatif atau sebenarnya, sehingga pembaca bisa langsung memahami maksud dari isi buku.

POLA PENULISAN BUKU NON FIKSI

1. Pola Hirarkis (buku disusun dari tahapan mudah ke sulit atau dari sederhana ke rumit) seperti buku pelajaran. 

2. Pola Prosedural (buku disusun berdasarkan urutan proses) seperti buku panduan. 

3. Pola Klaster (buku disusun secara poin per poin atau butir per butir) seperti tulisan antar bab dan sub bab. 

PROSES PENULISAN

1. Pratulis

2. Menulis draf

3. Merevisi draf

4. Menyunting naskah

5. Menerbitkan 

Kita coba menulis dari sesuatu yang berhubungan dengan profesi kita sebagai pendidik. Adapun langkah yang akan kita lakukan antara lain:

Langkah pertama - Pratulis 

1. Menentukan tema (tulis di lembar kertas tema atau ide apa yang ingin ditulis)

2. Menentukan ide

3. Merencanakan jenis tulisan

4. Mengunpulkan bahan tulisan

5. Bertukar pikiran

6. Meriset

7. Membuat mind mapping

8. Menyusun kerangka

Yuuuk, kita coba membuat buku non fiksi. Kita tentukan dulu tema misalkan tema Numerasi. Judul "Meningkatkan kemampuan numerasi pada peserta didik kelas bawah." Pastinya ini adalah sesautu yang pernah kita jalani, sehingga sudah ada dokumentasi yang lengkap. 

Selanjutnya dorong diri kita untuk menuliskan ide tulisan, bahan tulisan, dan kerangka tulisan. Tidak harus sempurna, tetapi kita dapat menjadikan ide menjadi nyata bukan fatamorgana. Ide tulisan dapat kita peroleh dari hal yang dekat dengan kita. 

  •  Fasilitas belajar mandiri dari PMM (Platform Merdeka Mengajar). Dalam PMM terdapat video inspirasi, bukti karya, praktik baik yang dapat di akses dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar. 
  • Dari pengalaman orang lain, kita bisa mendapatkan inspirasi untuk dilakukan di kelas. Tulisan yang berdasarkan pengalaman pribadi akan lebih mudah dituliskan. 
  • Dari berita di media massa, mengamati lingkungan, serta diperkuat dari materi buku atau internet.

Langkah kedua -Menulis draf

1. Menuangkan konsep ke tulisan dengan prinsip bebas. 

2. Tidak mementingkan kesempurnaan tetapi lebih kepada ide tulisan.

Langkah ketiga - Merevisi draf

1. Merevisi struktur tulisan dan penyajian.

2. Memeriksa gambaran besar dari naskah.

Langkah keempat - Menyunting naskah

1. Ejaan 

2. Tata bahasa

3. Diksi

4. Data dan fakta

5. Legalitas dan norma

Langkah kelima - Menerbitkan 

Jika keempat langkah diatas sudah dijalani, maka buku akan siap untuk diterbitkan. Hubungi penerbit agar buku bisa segera diterbitkan. 

Selanjutnya moderator membuka sesi tanya jawab kepada peserta. Narasumber menjawab pertanyaa demi pertanyaan dengan sangat jelas. 

Terima kasih atas ilmunya hari ini bu Musiin. Semoga berkah terus mengalir untuk ibu dan tim Solid Om jay yang telah memberikna kesempatan kepada kami untuk mengikuti kelas menulis. 


Kata mutiara:

ORANG BOLEH PANDAI SETINGGI LANGIT, TAPI SELAM AIA TIDAK PANDAI MENULIS, IA AKAN HILANG DIDALAM MASYARAKAT  DAN DARI SEJARAH. MENULIS ADALAH BEKERJA UNTUK KEABADIAN.

(Pramodya Ananda Toer)

 

2 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...