Senin, 10 Juni 2024

Ecobrick Asiiik


Tema P5 di semester 2 ini adalah "Gaya Hidup Berkelanjutan." Peserta didik kelas 1-6 melakukan kegiatan lingkungan yang dapat mengurangi sampah di sekitar.

Kelas 1 topik yang diangkat yaitu "Cerdik Kelola Sampah Plastik." Peserta didik melakukan aksi lingkungan. Ada beberapa kegiatan lingkungan yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah antara lain membuat ecobrick. 

Ecobrick adalah produk yang dihasilkan dari potongan plastik yang dimasukkan kedalam botol. Ecobrick bisa dibuat menjadi karya yang luar biasa seperti meja, kursi, pot dan lain-lain.

Kelas 1 sangat antusias membuat ecobrick baik di rumah maupun di sekolah. Ecobrick bagi mereka adalah suatu hal baru. Oleh karena itu, mereka merasa senang dan asiik saat membuat ecobrick. 

Ecobrick yang dibuat akan dijadikan tulisan GO GREEN. Kerangka ecobrick sudah dibuat sedemikian rupa dengan menyesuaikan ukuran botol pada tinggi dan lebar botol. Terlihat sekali wajah kegembiraan mereka saat memasang tiap botol ke kerangka ecobrick yang sudah disiapkan.

 Gebyar P5 akan dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Juni 2024. Peserta didik sudah disiapkan untuk demonstrasi. Setiap kelompok sudah dibimbing sesuai dengan tugas mereka nanti. Ada yang jadi petugas registrasi, Among tamu, tim sortir sampah plastik, tim pengumpulan botol, tim pengguntingan sampah plastik, tim memasukkan potongan plastik ke botol. 

Berharap pada saat gebyar P5 nanti peserta didik dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. 

Semoga tulisan ini bermanfaat. Semangat selalu para malaikat kecil laskar lingkungan kelas 1 Cut Nyak Dien. 

Terima kasih

Kartini, S.Pd_Guru SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...