Minggu, 26 Mei 2024

SOSIALISASI PEMILAHAN SAMPAH


 

           Senin, 27 Mei 2024

Hari ini saya (Ms. Kartini) diberi tugas oleh manajemen sekolah untuk menyampaikan sosialisasi tentang pemilahan sampah khususnya di lingkungan sekolah. Saya bertugas di sekolah SD Nasional Plus Tunas Iblam Tanah Baru, Beji, Depok. 

Sebelumnya sosialisasi ini juga dilakukan sebagai wujud dukungan terhadap program sekolah yaitu Ramah Lingkungan. Program lingkungan sudah lama dilaksanakan, bahkan ada beberapa kegiatan lingkungan di sekolah. Gerakan peduli lingkungan yang dilaksanakan sebagai wujud aksi nyata sekolah dalam melaksanakan program Ramah Lingkungan. 

Butuh dukungan dari semua pihak baik yayasan, kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua bahkan masyarakat sekitar. Lingkungan adalah kesatuan ruang dengan semua benda, sumber daya, energi, keadaan, dan makhluk hidup termasuk juga manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri. Oleh karena itu kita harus menjaga lingkungan untuk kelangsungan hidup manusia. 

Pemahaman terkait peduli lingkungan harus kita ajarkan kepada anak-anak dari usia dini. Mereka harus memahami bagaimana cara menjaga lingkungan sekitar. Tindakan kecil yang mereka lakukan sangat berdampat besar untuk ekosistem di masa depan. 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah suatu langkah yang bisa kita terapkan di lingkungan sekolah antara lain dengan mengurangi sampah plastik, mengolah sampah plastik, makan makanan yang bergizi, cuci tangan dan lain-lain.

Dengan melakukan sosialisasi diharapkan peserta didik mengetahui, memahami, dan menerapkan gerakan peduli lingkungan dimanapun berada. Berharap mereka jadi pribadi yang peduli dan ramah lingkungan. 

          Salam Ramah Lingkungan 

          Salam 3R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...