Jumat, 03 Mei 2024

SEKOLAH ITU MENYENANGKAN

 


Hari ini ada kunjungan anak TK ke kelas 1. Kegiatan tersebut selaras dengan program sekolah Transisi PAUD ke SD. Peserta didik TK melakukan safari ke kelas 1 untuk mengetahui pembelajaran saat di SD. Kegiatan ini dilakukan supaya peserta didik TK mengenal budaya belajar di SD, melihat kondisi kelas, mengenal guru SD, dan merasakan proses pembelajaran di SD. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain:

1. Penyambutan peserta didik TK

2. Perkenalan guru dan peserta didik

3. Ice Breaking

4. Game tebak gambar 

5. Mewarnai gambar

6. Refleksi

Peserta didik TK sangat antusias mengikuti kegiatan di kelas. Beberapa pertanyaan mereka lontarkan karena ada hal yang membuat mereka penasaran saat nanti sekolah di SD. Saat melakukan ice breaking  mereka kompak mengikuti arahan guru. Sikap lincah, lucu, manja, dan spontan begitu terlihat. Begitu menyenangkan sekolah baagi mereka. 

Dengan adanya program pemerintah Transisi PAUD SD berharap guru-guru SD dapat memberikan pembelajaran yang selaras dengan di TK. Setidaknya peserta didik TK bisa merasa nyaman dan senang belajar di kelas 1, bukan hal yang menakutkan atau membuat bosan tetapi, belajar di SD adalah hal yang menyenangkan. 

Pembelajaran dengan menekankan pada pencapaian materi bukan hal yang utama. Justru pembentukan karakter sejak dini itu yang harus ditumbuhkan dan ditanamkan. Selain itu, pengembangan motorik halus dan kasar juga harus diberikan sebagai stimulus mereka dalam mengembangkan potensi dirinya. 


3 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...