Minggu, 04 Agustus 2024

BLOG/WEBSITE UNTUK KEPENULISAN DAN PEMBELAJARAN BAGI SEORANG GURU

 



Narasumber : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.
Moderator : Ahmad Sholeh, S.Pd., Gr.
Hari/Tanggal : Senin, 29 Juli 2024
Resume ke : 28

Pertemuan malam ini dikemas melalui zoom. Narasumber bernama bapak Bambang Purwanto yang disebut MR. Bams akan memberikan materi yang berjudul "Blog/Website untuk Kepenulisan dan Pembelajaran Bagi Seorang Guru." Mr. Bams adalah guru TIK di SMP Taruna Bakti kota Bandung. 

Diawal pemaparan Mr. Bams menmabilkan presentasi Blog dengan iringan musik, sehingga membuat para peserta makin bersemangat untuk mengikuti materi malam ini. Selanjutnya narasumber memberikan pengantar materi tenatng Blog yang dapat digunakan untuk media pembelajaran. Berikut tips-tips pemanfaatan Blog untuk media pembelajaran.




Apa Fungsi dari Kegunaan Blog?
Fungsi dari Blog pada umumnya adalah untuk mewadahi ide/konten dari penulis atau pengelola Blog. Blog yang bersifat online dapat membantu pendistribusian konten yang lebih efektif, cepat, dan mudah. 

Apa manfaat yang bisa didapatkan dengan membuat Blog?
Blog sangat memudahkan bagi siapapun yang ingin mendapatkan informasi tanpa harus bersusah payah mencari buku, hanya bermodal internet siapapun dapat mencari informasi apapun di dalam Blog. 

Apa kegunaan utama dari platform Blog?
Melalui Blog, anda dapat menarik minat orang-orang yang memiliki minat yang sama dan membangun komunitas. Selain itu, dapat juga berbagi postingan Blog di platform media sosial semakin mendorong diskusi dan keterlibatan dalam komunitas anda. 

Penggunaan Blog dalam pembelajaran
Blog adalah sebuah website yang ditulis sesuai dengan kronologi waktu, lalu ditampilkan secara terbalik dari kronologi penulisan (tulisan yang baru akan muncul teratas). Isi Blog tidak harus berupa tulisan tetapi bisa berupa gambar atau video. 

Manfaat Blog Guru/Dosen bagi Peserta didik dalam pendidikan
Blog untuk dunia pendidikan sebagai media penyampai informasi dari guru kepada peserta didik atau dosen kepada mahasiswanya, karena Blog sifatnya online maka penyampaian bisa secara merata. Peserta didik dan mahasiswa bisa mengirimkan tugas kapan saja dimana saja. Kita juga dapat mengakses bahan-bahan ajar kapan saja, bahkan kita bisa berkomunikasi dengan guru melalui chattig dan email. Guru dapat berinteraksi dengan peserta didik, bahkan dengan peserta didik yang lain. Guru dapat menempatkan tugas-tugas dan bahan-bahan ajar di dalam web. Peserta didik dapat mengakses tugas dari guru kapan saja dimana saja.

Pemaparan dari narasumber sudah selesai. Selanjutnya sesi tanya jawab dengan peserta zoom. 
Demikianlah resume ke-28. Semakin hari semakin berbobor materi yang disampaikan oleh narasumber. Salam Literasi.


Kartini, S.Pd_Guru SD









6 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...