Selasa, 18 Juni 2024

Pojok Baca


Rutinitas harian peserta didik SD Nasional Plus Tunas Iblam di pojok baca. Istilah pojok baca sering kita dengar di jenjang sekolah dasar. Dinamakan pojok baca karena letaknya di pojok kelas. Dengan adanya pojok baca, memberikan sentuhan tersendiri untuk para peserta didik agar lebih termotivasi untuk membaca. 

Pojok baca bisa diawali dengan peserta didik membawa buku cerita dari rumah. Buku yang sudah dibawa dikumpulkan di kelas, untuk selanjutnya guru dapat mendesain pojok baca di kelas. 

Desain pojok baca sedemikian rupa, sehingga peserta didik nyaman saat membaca. Pojok baca bisa dilengkapi dengan alas atau perlengkapan lainnya yang menarik sesuai dengan keinginan peserta didik di kelas tersebut. Libatkan peserta didik dalam menghias pojok baca. 

Setiap hari peserta didik dapat membaca buku cerita yang mereka sukai. Guru dapat mengarahkan peserta didik yang sudah menyelesaikan tugas untuk membaca di pojok baca. Selain itu, saat pergantian jam pelajaran juga bisa dimanfaatkan untuk membaca buku di pojok baca. 

Dengan adanya pojok baca kelas menjadi lebih tenang, nyaman, dan mudah terkondisikan. Peserta didik dapat mengisi waktu istirahatnya di kelas dengan membaca buku cerita. Bahkan guru juga dapat memanfaatkan pojok baca untuk aktifitas khusus di kelas. 

Ayooo tingkatkan literasi di sekolah.


Depok, 19 Juni 2024

Kartini, S.Pd_Guru SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...