Rabu, 15 Mei 2024

MENULIS ARTIKEL DI PMM

 


Nara sumber :  Helwiyah, S.Pd.,MM.

Moderator : Lely Suryani, S.Pd.,SD.

Pertemuan : 8

Hari/Tanggal : Rabu, 15 Mei 2024


Malam ini pertemuan yang ke-8. Malam yang berbeda dengan pertemuan sebelumnya. Pertemuan kali ini difasilitasi melalui zoom, semua peserta bisa bertatap muka di dunia maya. Qadarullah, saya sudah mendaftar untuk ikut serta zoom tetapi ternyata suami sakit dan baby belum butuh pendampingan. Akhirnya pertemuan ke-8 ini tidak bisa mengikuti kelas belajar. Sediiih rasanya malam ini tidak bisa bergabung. Tetapi tidak apa-apa masih maih bisa menyaksikan di youtube. 

Pembahasan malam ini tentang "Menulis Artikel di PMM." Ilmu yang sangat bermanfaat karena bisa menyemangati kita para guru rajin membuka PMM. Nara sumber yang keren dan moderator yang luwes memandu kegiatan malam ini.

Salah satu indikator kemampuan literasi adalah bentuk tulisan atau buku, dimana literasi berjejak adalah tulisan. Kita bisa memanfaatkan media untuk menulis misalnya media blog, kompasiana, surat kabar, instagram dan lain-lain.

Manfaat PMM

1. Mendapat berbagai ilmu pengetahuan dari berbagai modul dari tiap topik.

2. Dapat berbagi praktik baik pembelajaran.

3. Mengetahui berbagai perkembangan terkiat kurikulum merdeka dan PGP.

4. Dapat berkomunikasi dengan guru-guru seluruh Indonesia melalui umpan balik.

5. Sarana penilaian rapor pendidikan.

Apa itu Artikel?

Artikel adalah suatu rangkaian atau karangan yang dibuat berdasarkan fakta dan opini untuk dipublikasikan ke media cetak, media online, bahkan media sosial. Penulisannya bertujuan untuk menyampaikan suatu gagasan yang memuat data dan fakta. 

Kategori artikel merupakan salah satu karya pada bukti karya yang bertujuan tak hanya berkaitan dengan mata pelajaran saja. Saat menggugah bukti karya dapat memilih jenis artikel seperti praktik baik dan lain-lain.

Bukti karya merupakan tempat mendokumentasikan karya guru dan kepala sekolah. Karya yang dibuat menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama berprofesi sebagai seorang guru. Bukti karya ini dapat diakses oleh rekan sejawat melalui tautan yang dibagikan. 

Melalui bukti karya kita dapat:

1. Menyimpan dan mengelola rekam jejak.

2. Berbagi karya dengan teman sejawat.

3. Memberi dan menerima umpan balik.

4. Menemukan berbagai karya rekan pendidik di seluruh Indonesia. 

Tips menulis artikel

1. Memilih topik yang menarik dna relevan.

2. Menyusun struktur artikel yang jelas dna logis.

3. Menggunakan bahasa yang efektif dan mudah dipahami.

4. Menambahkan gambar dna video untuk memperkaya konten.

5. Mempromosikan artikel di media sosial.

Bagian akhir dari kegiatan ini adalah tanya jawab. Ada beberapa peserta yang bertanya tentang materi yang sudah disampaikan oleh narasumber. 

Banyak hal baik yang menginspirasi malam ini. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang apa itu PMM dan artikel. Semoga kedepan saya bisa menulis artikel di PMM dan bisa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan di PMM. 

Terima kasih bu Helwiyah dan bu Lely atas ilmunya malam ini. 

Sehat-sehat selalu😍


4 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...