Kamis, 09 Mei 2024

BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

 


Narasumber : Dail Ma'ruf., M.Pd.

Moderator : Sim Chung Wei, SP.

Pertemuan : 6

Hari/tanggal : Rabu, 8 Mei 2024


Malam ini adalah pertemuan ke-6 secara online pada kegiatan pelatihan Kelas Belajar Menulis  Nusantara Gelombang ke-31. Dengan mengikuti kelas menulis ini saya merasa makin hari makin semangat untuk menulis. Banyak kegiatan sehari-hari yang saya lakukan untuk diangkat menjadi tulisan dengan harapan bisa menginspirasi orang lain ketika membaca tulisan tersebut. 

Materi malam ini bertema "Motivai Menulis dan Blog Sebagai media Pembelajaran."Banyak hal menarik dan wawasan baru yang saya dapatkan dari belajar di kelas menulis ini. 

Seperti biasa sebelum nara sumber manyampaikan materi ada moderator yang akan memandu jalannya acara. Moderator bernama Sim Chung Wei yang keren dan ok. Beliau sering dipanggil dengan sebutan pak Wiwih. 

Berikut materi yang saya pelajari malam ini. Blog bisa menjadi pembelajaran di era digital. ada beberapa alasan antara lain:

1. Fitur-fitur blog mudah digunakan untuk mengupload materi maupun evaluasi belajar yang dilakukan secara online.

2. Dapat diterapkan mulai dari jenjang SD sampai SMA.

3. Peserta didik saat ini sudah terbiasa mencari informais melalui digital.

4. Sebagian besar anak mengakses Wordl Wide Web

5. Anak zaman sekarang menyukai Browsing melalui website, email, video, game komputer dan lain-lain. 

Sebagai seorang pendidik kita bisa mengupload bahan ajar ke blog pribadi kemudian share ke peserta didik. ini bisa bermanfaat dna lebih menarik. Peserta diajak melek IT dengan belajar melalui digital. 

Blog sebagai rumah belajar bagi guru. Ada pepatah mengayatakan "Berhentilah Anda mengajar jika sudah tidak mau belajar." Pepatah ini mengisyaratkan bahwasannya guru harus mau belajar agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Potensi diri harus dikembangkan dan ditingkatkan agar bisa mengajar dengan profesional. 

Blog juga dapat meringankan tugas guru dalam belajar. Guru dapat mengupload bahan ajar, penugasan dan mengirimkan link ke group kelas, sehingga peserta didik mudah mengakses dan memberikan ulasan. 

Blog juga dapat meningkatkan minat belajar. Dengan blog peserta didik dapat belajar lebih efektif, menarik, dan efisien, sehingga minat belajar peserta didik akan meningkat. 

Blog juga dapat dengan mudah diakses oleh orang lain di seluruh dunia. Banyak blogger mengakses berita yang dicari dari via website karena blog ini nge-link sehingga orang sedunia dapat membaca apa yang kita tulis di blog tersebut.

Blog juga menjadi  ajang silaturahim sesama blogger. Sesama sahabat blogger dapat saling menyapa, koment, berkunjung ke blog, silaturahim bahkan melakukan kopdar. Saling memberi support di kolom komentar dapat memperkuat silaturahim dan pertemanan sesama blogger. 

Terima kasih kepada bapak Dail Ma'ruf, M.Pd. atas ilmunya malam ini. Banyak wawasan baru yang saya dapat. Semoga saya dapat menjalankan apa yang sudah bapak sampaikan. 

"Ilmu tanpa diamalkan bagaikan pohon tanpa buah"

5 komentar:

  1. Keren, resume yg baik gunakan bahasa yang mudah dipahami

    BalasHapus
  2. Bagus bu, resumenya... tinggal kita sama2 maju bersama meningkatkan skill menulis kita, ya bu...

    BalasHapus

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...