Selasa, 07 Mei 2024

PUSTAKA AI : MENGARUNGI DUNIA BARU MENULIS BUKU AJAR

 


Narasumber   : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. CPM.

Moderator     : Nur Dwi Yanti M.Pd.
Pertemuan    : ke-5
Hari              : Senin, 6 Mei 2024

Pertemuan ke-5 pada kegiatan KBMN Gelombang 31 kami belajar bersama narasumber yang cantiik yaitu ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. CPM. dan moderator yang kereen yaitu ibu Nur Dwi Yanti M.Pd.

Materi yang disajikan oleh panitia salam setiap pertemuan sangat menarik dan bermanfaat. Pertemuan kali ini membahas tentang cara menulis buku ajar dengan AI. Sebagaimana filosofi ki Hajar Dewantara didiklah muridmu sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Menulis buku dengna teknik AI adalah salah satu contoh mendidik anak-anak sesuai dengan era atau zamannya yaitu zaman digital/modern.

Pustaka AI adalah sebuah aplikasi yang bisa kita akses untuk bisa mendapatkan banyak informasi atau pengetahuan yang kita inginkan di era AI. Ada 10 slide yang disampaikan oleh narasumber antara lain:
1. Pengetahuan tentang kecerasan buata (AI) meliputi:
Pembelajaran mesin : cabang utama dari kecerdasan buatan yang fokus pada pengembangan algoritma dan teknik yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data dan pengalaman tanpa pemprogaman eksplisit.
Pemprosesan bahasa alami : cabang AI yang berkaitan dengan interaksi antara komputer dan abhasa manusia. ini melibatkan pemahaman dan generasi teks manusia, serta analisis dan ekstraksi dari teks.
Pengenalan pola : cabang Ai yang berfokus pada pengembangan algoritma untuk mengidentifikasi pola dalam data.
Pengolahan citra : cabang AI yang berkaitan dengan analisi dan manipulasi gambar atau video. 

2. Membutuhkan teori
- Teori pendidikan
- Prinsip pembelajaran
- Kurikulum dan standar
- Karakteristik siswa
- Metode pembelajaran
- Teknologi dalma pembelajaran

3. Riset tentang penggunaan AI
Melalui riset penulis dapat mengidentifikasi tren atau gaya terbaru dalam penggunaan AI di dunia pendidikan.

4. Pemilihan topik dan tujuan buku merupakan langkah awal dalam proses penulisan buku ajar.
- Penulis perlu mengidentifikasi topik yang relevan dengan tujuan buku ajar dan audiens. 
- Penulsi harus mempertimbangkan kebutuhan dan dan minat siswa dalam menentukan topik buku.
- Penulis perlu menentukan tujuan yang jelas untuk buku.
- Penulis juga perlu mempertimbangkan tren  dan perkembangan terkini.
- Mengklarifikasi lingkup buku ajar dan menetapkan bahasan topik yang akan dibahas.

5. Struktur dan konten
Buatlah kerangka isi atau outline untuk buku yang mencakup bab-bab, sub bab dan konten yang akan dibahas.

6. Penggunaan teknolodi AI
Dalam penulisan mengacu pada pemanfaatan berbagai alat dan teknik kecerdasan buatan untuk memfasitasi proses penulisan.

7. Penggunaan media pendukung 
Strategi penting untuk meningkatkan minat pembaca terhadap konsep-konsep kompleks .

8. Pengujian dan evaluasi
Langkah penting dalam prose penulisan buku ajar runtuk memastikan kualitas  dan efektivitas sebelum buku diterbitkan untuk memastikan efektivitas dan sebelum di publikasikan.

9. Pengujian dan evaluasi 
Merupakan langkah penting dalam proses penulisan buku ajar runtuk memastikan kualitas  dan efektivitas sebelum buku diterbitkan.

10. Proses penyuntingan dan revisi
Tahap penting dalam pembuatan buku ajar bahwa materi yang disajikan memenuhi standar kualitas yang tinggi dana dapat dipahami pembaca dengan baik.

Materi malam ini sangat luar biasa, banyak wawasan baru yang saya dapat. Semoga saya dapat mengaplikasikan apa yang sudah saya dapat agar menjadi bermanfaat. 
Berani mencoba hal baru!

Terima kasih ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. CPM. dan Tim Om JAy, serta KBMN Gelombang 31. 




3 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...