Selasa, 25 Juni 2024

KIAT MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH

 


Narasumber : Eko Daryono, S.Kom
Moderator :Mulyadi, M.Pd
Resume ke : 18
Hari/Tanggal : Senin, 24 Juni 2024

Ternyata sudah setengah perjalanan mengikuti KBMN gelombang ke-31. Dengan semangat pasti apa yang kita lakukan akan terasa manis dan bahagia. Malam ini materi pelatihan berjudul "Menulis Buku dari Karya Ilmiah." Adapun narasumber yang menyampaikan materi bernama bapak Eko Daryono, S.Kom dengan moderator yang bernama bapak Muljadi, M.Pd.

Profil narasumber dapat kita ketahui melalui link berikut: 
https://maseko1275.blogspot.com/2021/11/profil.html#more  

Seperti sebelumnya agenda aara antara lain sebagi berikut:
1. Pembukaan 
2. Materi dari narasumber
3. Tanya jawab
4. Penutup

APA ITU KARYA TULIS? 
Karya tulis ilmiah merupakan tulisna perseorangan atau kelompok dari hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, dan pemikiran sistematis yang memenuhi kaidah ilmiah (Peraturan Kepala LIPI Nomor 2 tahun 2014). 

Secara umum Karya Tulis Ilmiah ada dua kategori yaitu Karya Tulis Ilmiah non buku dan Karya Tulis Ilmiah buku.

Semua jenis KTI dalam bagan diatas bisa dikonversi menjadi buku. Kita harus memahami hal tersebut karena kegiatan konversi bisa berdampak pada KTI aslinya. Jika kita ingin buku cetak hasilnya mirip seperti aslinya, maka akan sulit mendapatakan ISBN. Solusinya jika ingin KTI menjadi buku bisa memakai QRCBN karena RQCBN bisa untuk self publishing. 

ADA 5 FORMULA MEMBUAT BUKU KARI KARYA ILMIAH 

1. Formula judul 

Judul buku dari hasil konversi harus dirubah terlebih dahulu. Apalagi jika judulnya menunjukkan terminologi tempat dan waktu. 

2. Formula isi 

Jika judul berubah, maka isinya pun juga harus dirubah menjadi non penelitian, maksudnya tidak mendeskripsikan sebuah penelitian. Bagian yang masih bisa dipakai adalah bagian latar belakang di Bab 1 dan bagian teoritisnya. Untuk bagian Bab 3, 4, 5 yang berisi metode, hasil dan kesimpulan tidak perlu ditampilkan kembali. Adapun untuk karya ilmiah kualitatif, hasil penelitian masih bisa terpakai, asalkan tidak mengarah pada hasil penelitian, tetapi bahasa sudah disesuaikan dengan pengetahun umum. 

3. Formula struktur penulisan 

Perlu diperhatikan juga bahwa buku hasil konversi tidak mengenal bab, sub bab, dan list paragraf. Jadi struktur tulisan tidak terbingkai secara formal, tetapi dibuat narasi yang mengalir. 


4. Formula bahasa

Bahasa yang digunakan dari buku konversi diupayakan tidak formal misalkan seperti ada kutipan. Gunakan bahasa yang umum para penulis gunakan untuk buku bacaan. 

5. Formula kaidah buku ISBN

Untuk pengajuan buku berISBN, naskah dilengkapi dengan keaslian karya, sudah siap cetak, minimal halaman isi 50 lembar, format buku bacaan umum. Untuk mengkonversi buku dari karya ilmiah emmang membutuhkan "sense of writer."

Demikian hasil pembahasan dari narasumber. Sangat memberikan ilmu pengetahuan baru bagi saya. Terima kasih bapak semoga bermanfaat. 

Selanjutnya sesi tanya jawab peserta dengan narasumber. 


Kartini, S.pd_Guru SD


3 komentar:

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...