Minggu, 28 April 2024

SUKSES PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 9

Pendidikan Guru Penggerak ini sangat luar biasa. Para Calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik disatukan jadi sebuah partner belajar. Mereka harus saling berkolaborasi dalam pembelajaran. Alur MERDEKA adalah kegiaatan rutinitas yang harus dilakukan oleh CGP yaitu Mulai dari diri sendiri, Elaborasi kontekstual, Ruang kolaborasi, Eksplorasi konsep, Koneksi antar materi, dan aksi nyata adalah kesatuan rangkaian yang mereka kuasai. Sungguh luar biasa materi dalam modul terkonsep dengan
apik. Ada 10 modul yang harus dipelajari bersama fasilitator, pemahaman Eksplorasi konsep bersama instruktur, pendampingan individu dan Lokakarya bersama pengajar praktik. Merekalah orang-orang hebat yang senantiasa mengawal perjalan CGP selama mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak. 

Mulai dari diri sendiri adalah modul pertama yang harus dipelajari. Begitu banyak teori dan ilmu yang bisa didapat dari mempelajari modul tersebut. Sebelum belajar lebih mendalam lagi teori-teori yang ada di beberapa modul, CGP harus paham terlebih dahulu apa yang harus dilakukan, persiapan sebelum menjadi guru penggerak, komitmen, persamaan persepsi satu tujuan sebagai aktor transformasi pendidikan. Selanjutnya mempelajari teori-teori tentang filosofi Ki Hajar Dewantara dalam dunia Pendidikan. CGP harus memahami dan menguasai teori-teori Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan. Pemahaman CGP akan terlihat dari beberapa tugas yang harus dikerjakan dan di upload di LMS (Learning Management System). Selesai mempelajari modul 1-10 CGP harus mengimplementasikan apa yang dipelajari ke sekolah tempat CGP mengajar. Selain itu CGP juga harus berbagi praktik baik dengan para rekan guru, membentuk Komunitas Belajar (Kombel), melakukan Supervisi dengan Teknik coaching, serta membuat rencana program sekolah.

Begitu sarat dan penuh makna serta kebermanfaatan semua yang dipejari di Pendidikan guru Penggerak. Pendampingan Individu adalah kegiatan berkolaborasi, bertatap muka dengan Pengajar Praktik sebagai partner belajar dalam mendalami materi yang sudah dipelajari. Pengajar Praktik harus hadir ke sekolah CGP untuk memberikan pendampingan. Kolaborasi, sharing, dan berbagi pengalaman dilakukan. Pendampingan dilakukan sebulan sekali dari PI 1-6 (selama 6 bulan) dengan durasi 3 jam (1X45 menit).

Selain Pendampingan Individu juga ada kegiatan Lokakarya yang dilakukan setiap bulan yaitu dari Lokakarya Orientasi, Lokakarya 1 sampai 7. Lokakarya dilaksanakan bergantian di sekolah PP/CGP. Lokakarya merupakan kegiatan temu seluruh CGP dan PP untuk melaksanakan pembelajaran. Berkolaborasi dengan beberapa PP dan CGP dalam satu kelas. Kebersamaan, kekompakan, semangat tercipta disana. Berbagai sharing praktik baik dan presentasi juga dilakukan. Lokakarya 7 diakhiri dengan Panen hasil Belajar yang berisi penampilan tari, perkusi, praktik baik, kreativitas stand, serta karya-karya yang dihasilkan selama mengikuti PGP.

Selamat dan sukses untuk Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 kota Depok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SSB Metro Kukusan

  Pertandingan tim futsal Metro Kukusan mengikuti laga event Anniversary 1st Citra Remaja.  Pertandingan dilakukan di lapangan Pordek Krukut...